Renungan Minggu, 21 Agustus 2011

Kmerdekaan itu akan Memerdekakan Kamu

Yohanes 8 : 32
 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Setiap memasuki bulan Agustus ada rasa bangga bahwa Kemerdekaan Bangsa INDONESIA diperjuangkan dengan darah dan air mata, dengan pengorbanan jiwa, raga dan harta benda. Kemerdekaan merupakan jembatan emas menuju kesejahteraan rakyat yang berkeadilan. Kemerdekaan bangsa Indonesia bukan hanya sekedar bebas dari kolonialisme, melainkan juga komitmen untuk melindungi, mencerdaskan, memajukan kesejahteraan bangsa dan untuk berperan dalam tataran dunia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sebagai bagian dari warga Negara Indonesia kita patut mensyukuri kemerdekaan itu yang juga berkat rahmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Rasa syukur itu marilah kita wujudkan dengan menjadi terang dan garam ditengah-tengah pergumulan bangsa pada saat ini dan masa yang akan datang.
Kita tidak hanya hidup di Negara Merdeka tetapi telah benar-benar di karuniai kemerdekaan sejati. Firman Tuhan : "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka." (Yohanes 8:31-32, 36). Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran. (Roma 6 : 18). Roh yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hamba dosa dan hukum maut. Atas kuasa Roh Kudus kita dimerdekakan dari ketakutan, kekhawatiran, keputusasaan. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. (2 Tim. 1:7)
Bersama Tuhan kita dapat melakukan segala perkara bagi bangsa ini. Bangsa ini sedang berjalan dalam “kegelapan” kiranya segera ada terang Tuhan yang terpancar dari orang-orang percaya. Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. (Yesaya 60:1)

Selamat mengisi kemerdekaan demi masa depan bangsa yang lebih baik, dalam semangat Bhineka Tunggal Ika dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dirgahayu Negeriku, Damai Sejahteralah Bangsaku

 JOK